Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional

Apakah makna dari nilai nilai pada rapor pendidikan ?

Panduan Capaian Asesmen Nasional – Hasil Asesmen Nasional dilaporkan pada rentang nilai 1,00 – 3,00, berbeda dari umumnya nilai ujian yang memiliki rentang 0 – 100. Nilai 1,00 berarti seluruh aspek/sub aspek dalam indikator tersebut kategori capaian kurang. Nilai 3,00 berarti seluruh aspek/subaspek dalam indikator tersebut kategori capaiannya baik.

Pada Asesmen Nasional secara umum terdapat 3 kategori: kurang (nilai 1), sedang (nilai 2),dan baik (nilai 3). Misalkan untuk nilai indeks kualitas pembelajaran 2,06 maka artinya sebagian besar subaspek kualitas pembelajaran masuk kategori sedang namun terdapat aspek yang sudah baik. khusus untuk dimensi hasil belajar baik literasi dan numerasi nilai indeks menunjukan proposi murid pada tingkatan kompetensi literasi dan numerasi. Jika nilai indeks literasi/numerasi 3,00 artinya seluruh murid tingkat kompetensi lietrasi/numerasi adalah mahir. jika nilai indeks literasi/numerasi 1,00 artinya seluruh murid tingkat kompetensi literasi/numerasi adalah perlu inervensi khusus. Dengan melihat makna dari nilai hasil Asesmen Nasional, suatu satuan pendidikan tidak akan naik nilai indeksnya apabila tidak ada peningkatan kategori capaian baik pada hasil belajar murid maupun indikator-indikator dalam survei lingkungan belajar.

Semangat AN adalah meningkatkan kualitas, tidak sekedar kenaikan nilai semata

A.1 Kemampuan Literasi

Kemampuan peserta didik dalam memahami, menggunakan,mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.

A.2 Kemampuan Numerasi

Kemampuan peserta didik dalam berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

A.3 Karakter

Tingkat karakter pelajar pancasila yang bersifat holistik mencakup komponen pengetahuan, afektif, keterampilan, dan perwujudan dalam perilaku.

Ruang Pembentukan Karakter

B.1 Kesenjangan Literasi

Kesenjangan nilai literasi murid terdiri dari: kesenjangan antar kelompok gender; kesenjangan antar kelompok sosial ekonomi status; dan kesenjnagan antar kelompok wilayah.

B.2 Kesenjangan Numerasi

Kesenjangan nilai numerasi murid terdiri dari: kesenjangan antar kelompok gender; kesenjangan antar kelompok sosial ekonomi status; dan kesenjnagan antar kelompok wilayah.

B.3 Kesenjangan Indeks Karakter

Kesenjangan indeks karakter murid terdiri dari: kesenjangan antar kelompok gender; kesenjangan antar kelompok sosial ekonomi status; dan kesenjnagan antar kelompok wilayah.

D.1 Kualitas Pembelajaran

Tingkat kualitas interaksi antara guru, murid, dan materi pembelajaran dalam proses pengajaran dan pembelajaran.

D.2 Refleksi dan Perbaikan Pembelajaran oleh guru

Tingkat aktivitas refleksi dan perbaikan pembelajaran oleh guru.

D.3 Kepemimpinan Instruksional

Tingkat kepemimpinan instruksional sekolah yang mendukung perbaikan kualitas pembelajaran.

D.4 Iklim Keamanan Sekolah

Tingkat rasa aman dan kenyamanan murid dari hal rasa aman disekolah, perundungan, hukuman fisik, pelecehan seksual, dan aktivitas narkoba di lingkungan sekolah.

D.5 Kesenjangan Iklim Keamanan

Kesenjangan iklim yang aman secara fisik dan psikologis berdasarkan kelompok sosial ekonomi status dan kelompok wilayah.

D.6 Iklim Kesetaraan Gender

Dukungan atas kesetaraan hak dan kemampuan laki-laki dan perempuan dalam menjalankan peran publik.

D.7 Kesenjangan Iklim Kesetaraan Gender

Kesenjangan kesetaraan hak dan kemampuan laki-laki dan perempuan dalam menjalankan peran publlik berdasarkan kelompok sosial ekonomi status dan kelompok wilayah.

D.8 Iklim Kebinekaan

Iklim kebinekaan menyangkut bagaimana lingkungan sekolah menyikapi keragaman seperti perbedaan individu, identitas, maupun latar belakang sosial-budaya dan mengenai komitmen kebangsaan.

D.9 Kesenjangan Iklim Kebinekaan

Kesenjangan indeks kebinekaan sekolah berdasarkan kelompok sosial ekonomi status dan kelompok wilayah

D.10 Iklim Inklusivitas

Iklim inklusivitas menyangkut bagaimana lingkungan sekolah menyikapi keragaman seperti perbedaan individu, identitas, maupun latar belakang sosial-budaya.

D.11 Kesenjangan Iklim Inklusivitas

Kesenjangan iklim inklusivitas sekolah berdasarkan kelompok sosial ekonomi status dan kelompok wilayah.

D.14 Kesenjangan Fasilitas Literasi Satuan Pendidikan

Nilai kesenjangan fasilitas satuan pendidikan berdasarkan kelompok sosial ekonomi status dan kelompok wilayah.

E.1 Pengelolaan Sekolah yang partisipatif, transparan dan akuntabel

Partisipasi warga sekolah.
Tingkat partisipasi orang tua dan peserta didik dalam pengelolaan sekolah.

Download

2 thoughts on “Panduan Capaian Asesmen Nasional”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *