Asesmen Nasional

Apa itu Asesmen Nasional?

Pasal 1 Ayat 1 Permendikbudristek 17 Tahun 2021 Asesmen Nasional yang selanjutnya disingkat AN adalah salah satu bentuk evaluasi sistem pendidikan oleh Kementerian pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah

Apa tujuan dari asesmen nasional

Asesmen nasional bertujuan untuk mengukur:
hasil belajar kognitif;
hasil belajar nonkognitif; dan
kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikan

Mengapa perlu ada Asesmen Nasional

Asesmen Nasional sebagai bentuk evaluasi sistem Pendidikan yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat diperlukan dalam rangka memperoleh informasi yang akurat dan komprehensif untuk menghasilkan Profil Pendidikan yang merupakan laporan layanan Pendidikan dasar dan menengah untuk peningkatan mutu layanan Pendidikan dan penetapan rapor pendidikan

Profil pendidikan tersebut terdiri dari:

  1. Profil Satuan Pendidikan;
  2. Profil Pendidikan Daerah;
  3. Profil Pendidikan Nasional

Profil Pendidikan tersebut dapat membantu satuan pendidikan dan Pemerintah dalam mengidentifikasi indikator-indikator yang sudah baik maupun yang masih perlu ditingkatkan, kemudian melakukan refleksi untuk menentukan akar masalah, dan menyusun program serta strategi membenahi akar masalah tersebut untuk peningkatan mutu pendidikan.

Baca Juga : Pedoman Penyelenggaraan Asesmen Nasional

Aspek apa saja yang diukur dalam AsesmenNasional

A. Aspek hasil belajar kognitif yang mencakup literasi membaca dan numerasi

B. Aspek hasil belajar non kognitif yang meliputi enam dimenasi profil pelajar pancasila yaitu :

1) Beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha Esa serta berakhlak Mulia
2) Bernalar Kritis
3) Mandiri
4) Kreatif
5) Bergotong Royong
6) Berkebhinekaan Global

C. Aspek kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikan yang mencakup :

Iklim keamanan

Iklim inklusifitas dan kebinekaan

Proses pembelajaran di satuan pendidikan

Instrumen apa yang digunakan untuk mengukur aspek pada Asesmen Nasional\

Instrumen yang digunakan untuk mengukur aspek-aspek pada Asesmen-Nasional yaitu:

Hasil belajar kognitif diukur melalui instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Hasil belajar non kognitif diukur melalui instrumen Survey Karakter

Kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikan diukur melalui Survey Lingkungan Belajar.

Apa sajakah komponen dari literasi membaca dan numerasi yang diukur AKM ?

Asesmen literasi membaca dan numerasi pada AKM dapat ditinjau dari 3 komponen (aspek) yaitu :

Sumber : kemdikbud.go.id

3 thoughts on “Asesmen Nasional”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *